Aspek komunikasi
Komunikasi merupakan
aspek yang sangat penting dalam kegiatan bisnis dan dunia usaha. Tanpa
komunikasi tidaklah mungkin untuk menyakinkan individu, kelompok
atau publik untuk mengenal, memahami dan membutuhkan perusahaan dalam
produknya, komunikasi efektif merupakan paktor utama dalam menciptakan
kegiatan bisnis yang kondusif, dari konsep diatas dapat kami artikan
definisi komunikasi itu sendiri adlah adalah sebuah tranmisi saling
pengertian antara peserta komunikasi (komunikator dan komunikan) melalui
kata-kata dan simbol-simbol yang memiliki arti.
Elemen
dasar komunikasi terdiri dari Komunikator, ecoding (mengemas pesan
dalam bentuk lambang biasanya lambang bahasa). Pesan, media, dekoding
(penapsiran pesan), Komunikan, gangguan, efek dan unpan balik. Sebagai
ahli komunikasi juga menggambarkan unsur dalam proses komunikasi adalah
terdiri dari sumber (source), komunikator, pesan, komunikasi, media dsan
efek.
Komunikasi
dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu Communication as science dan
Communication as Tool. Kategari pertama berorientasi pada komunikasi
sebagai bidang kajian ilmu, yang melahirkan berbagai teori,
pradigma, model dan konsep ilmu komunikasi. Sedangkan teori yang kedua
lebih menekankan pada komunikasi sebagai alat atau fungsi untuk kegiatan
yang bersifat praktis.
Komunikasi
sebagai ilmu telah melahirkan cabang-cabang ilmu seperti Jurnalistik,
Public Relation, manajemen komunikasi, media komunikasi. Komunikasi
sebagai ilmu juga melakukan penelitian dampak sosial perkembangan
teknologi komunikasi yang juga berpengaruh terhadap perkembangan
metodologi penelitian komunikasi. Kompetisi ilmuwan komunikasi dalam
bidang teknologi bukan perangkat keras atau perangkat lunak tetapi
Content-nya seperti membuat program-program acara dan meneliti danpak
sosial teknologi komunikasi pada masyarakat.
Secara
praktis pun kini banyak dunia industri, perdagangan, lembaga,
pemerintah, perusahaan swasta membutuhkan ilmu dan profesional dibidang
komunikasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar